Madu Yaman

Cara melelehkan coklat masak agar tidak hangus

Melelehkan coklat untuk dimasak menjadi kue atau lainnya sbenarnya termasuk cukup rumit. Coklat harus dilelehkan pada suhu tertentu yang pada suhu yang relatif rendah. Coklat sangat sensitif terhadap suhu tinggi sehingga mudah hangus.

Berikut tips menghindari coklat masak agar tidak gosong ketika dilelehkan :

Potong-potong kecil
Chocolate buttons yang berbentuk seperti chips merupakan ukuran terbaik jika Anda ingin melelehkan coklat. Namun, jika Anda hanya memiliki coklat bar, pecah menjadi potongan-potongan kecil sebelum dilelehkan. Cara ini akan membantu coklat meleleh lebih merata dan cepat.

Hindari kontak dengan air
Ketika memanaskan cokelat, pastikan tidak ada kontak dengan air atau uap. Hal ini akan menyebabkan cokat menggumpal atau menjadi lelehan yang berpasir. Pastikan semua sendok dan mangkuk kering sebelum digunakan untuk melelehkan cokelat.

Suhu pemanasan tepat
Dark chocolate tidak boleh dipanaskan melebihi 48 derajat Celsius sementara coklat susu dan cokelat putih harus tetap di bawah 43 derajat Celcius. Jika Anda terlalu panas melelehkannya maka teksturnya akan menjadi berlumpur.

Gunakan mangkuk kecil yang tahan panas
Di antara wadah untuk memanaskan coklat, mangkuk kaca merupakan wadah yang sangat baik karena tidak menyimpan panas. Hal ini untuk mencegah coklat masak lebih lanjut setelah dilelehkan.

Gunakan sendok logam
Gunakan sendok atau spatula logam. Jangan gunakan sendok kayu karena kemungkinan mengandung kelembaban apabila tidak benar-benar kering yang akan menyebabkan cokelat untuk menggumpal. Mungkin juga sendok kayu mengandung bau dari makanan lain yang akan merusak aroma cokelat. Pastikan untuk sering mengaduk cokelat selama dipanaskan.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara melelehkan coklat masak agar tidak hangus"

Post a Comment