Madu Yaman

Tips cara merawat kain tenun


Kain tenun yang merupakan kain khas dari beberapa daerah di Indonesia rupanya juga sudah mendunia berkat penampilan beberapa disainer asli Indonesia seperti Ivan Gunawan dan kawan-kawan di panggung Indonesia Fashion Week.

Tapi tahukan Anda bahwa merawat kain tenun perlu perlakuan khusus seperti merawat kain batik? Nah, berikut ini beberapa tips merawat kain tenun agar koleksi Anda awet dan warna tidak mudah  pudar.
  1. Untuk menyimpan kain tenun, sebaiknya digulung dan dibungkus kertas. Kenapa? Jika dilipat, maka ketika Anda ingin mengenakan, ada bekas lipatan. Sementara kertas berfungsi sebagai pelindung dari debu.
  2. Untuk mencuci kain tenun harus menghindari deterjen yang banyak mengandung zat kimia. Cuci dengan bahan khusus, lerak misalnya. Jika tidak mendapatkan lerak, bisa memakai shampo bayi. Cukup kucek saja saat mencuci. Hindari menggunakan mesin cuci.
  3. Saat menjemur, hindari langsung terkena sinar matahari dan biarkan kering dengan sendirinya tanpa harus dimasukkan ke mesin pengering atau diperas.
  4. Ketika menyetrika, lapisi tenun dengan kain lainnya. Hindari langsung terkena setrika.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips cara merawat kain tenun"

Post a Comment