Madu Yaman

9 Cara mudah untuk berhenti merokok

Saya termasuk salah seorang perokok pada awalnya yang sudah mencoba berkali-kali untuk berhenti merokok namun tetap gagal. Dalam benak saya berfikir tentu ada cara untuk berhenti merokok yang tentu mampu untuk saya jalani. 

Menurut saya cara mudah untuk berhenti merokok urutannya adalah :

  1. Berkonsentrasilah dan berkomitmen pada diri sendiri serta sampaikan keinginan Anda untuk berhenti merokok pada orang disekitar Anda. Pada awalnya saya berkata pada diri sendiri tanpa memberitahukan siapapun bahwa saya akan berhenti merokok. Namun dilapangan "tidakpun" saya yang membawa rokok tapi teman-temanlah yang menyodori rokok dengan alasan tak enak menolak akhirnya rokok pun terhisap kembali. Jadi perlunya berkomunikasi dengan orang-orang disekitar Anda untuk membantu Anda berhenti merokok. Katakan pada mereka agar tidak merokok didekat Anda ataupun jangan pernah menawari Anda rokok lagi.
  2. Rencanakan sebelumnya. Segala sesuatu apabila sudah direncanakan dengan matang sebelumnya maka hasilnya akan bagus. Jadi merencanakannya tidak hanya dengan berkomitmen "Saya akan berhenti mulai hari ini" tapi cobalah membuat beberapa slogan atau kata-kata bijak yang menggugah untuk berhenti merokok di komputer Anda dengan format dan pewarnaan yang menarik, print lalu tempelkan di tempat kerja, rumah bahkan kamar tidur kalau diperlukan agar Anda selalu ingat.
  3. Gali motivasi Anda untuk tidak merokok. Bila Anda sudah tahu motivasi Anda untuk tidak merokok maka keinginan untuk berhentipun akan semakin mudah. Ketika keinginan untuk merokok datang, ingatkan kembali diri Anda bahwa Anda berhenti merokok karena : "Merusak kesehatan",  "Anak-anak ku bisa menjadi perokok pasif yang bahayanya lebih dari perokok aktif", "Istriku tak suka aku merokok", atau alasan-alasan lainya yang masuk akal. Bila perlu catat dan tempel nama-nama orang terdekat yang tidak suka Anda merokok di tempat yang biasa Anda lihat. 
  4. Tidak lagi menghisap rokok walau hanya satu batang. Dengan melanggar aturan dan komitmen yang Anda buat diatas, maka setelah satu batang pikiran Anda akan berkata "ah, tak mengapa kan cuma satu batang..." tapi tahukah Anda dengan satu batang pikiran Anda akan dipengaruhi sangat kuat untuk menghisap lagi dan lagi sebab segalanya bermula dari fikiran Anda sendiri.
  5. Berkumpulah dengan orang-orang yang sudah berhenti merokok. Lingkungan pengaruhnya sangat besar. Teman teman pengaruhnya bisa mencapai 75 persen dari cara berfikir Anda, jadi carilah teman yang memiliki visi dan misi yang sama dengan Anda sehingga Anda dan teman teman dapat saling mengingatkan dan saling mendukung.
  6. Hargai hasil usaha keras Anda untuk berhenti merokok. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan lainnya yang dapat membuat fikiran Anda terbebas dari memikirkan rokok itu sudah merupakan penghargaan diri untuk diri sendiri. Misalnya : menyewa DVD untuk nonton bersama keluarga atau jalan-jalan disore hari keliling komplek perumahan Anda sendiri sekaligus bersilaturrahmi dengan tetangga.
  7. Tunda sekuat mungkin keinginan untuk merokok. Bila keinginan itu datang cobalah menggantinya dengan mengunyah permen karet ataupun camilan ringan lainnya, olah raga juga merupakan pengalih perhatian yang sangat baik bagi perokok.    
  8. Jangan pernah merasa gagal. Diatas sudah saya ceritakan kalau saya juga dulunya adalah seorang perokok namun saya tidak patah semangat dan terus mencoba berkali-kali serta belajar dari kesalahan-kesalahan masa lalu yang masih menyebabkan saya gagal. Tahukah Anda bahwa dari setiap kegagalan sesungguhnya telah mengajari Anda sesuatu yang baru? ya, dengan kegagalan Anda akan tahu bahwa hal itu tidak dapat dilakukan untuk menuju kesuksesan. 
  9. Yakinkan diri bahwa Aku bisa! dengan keyakinan yang kuat segala rintangan akan terlampaui, segala daya upaya akan dilakukan dengan sekuat tenaga, hati dan fikiran sepenuh keyakinan bahwa aku bisa untuk berhenti merokok, karena rokok hanya akan membunuhku dengan perlahan dan pasti!
Nah, cara-cara diatas sudah saya praktekkan dan mudah-mudahan bermanfaat pula bagi Anda.

0 Response to "9 Cara mudah untuk berhenti merokok"

Post a Comment