Madu Yaman

Mengatasi Hipertensi dengan Rumput Laut

Berbagai cara dilakukan oleh orang untuk menjaga kesehatan jantung. Diantaranya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran. Ada jenis sayuran yang memiliki rasa lezat dan dari penelitian diketahui memiliki manfaat membuat jantung tetap sehat dan juga menurunkan tekanan darah, yaitu rumput laut. Sayuran ini juga bisa diolah menjadi berbagai masakan. 

“Ini bisa menjadi alternatif sayuran yang bisa mengundang selera. Makan rumput laut untuk makan malam dapat membantu mencegah serangan jantung,” kata peneliti seperti dikutip oleh DailyMail.

Para peneliti menemukan, rumput laut bahan berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Fungsinya mirip dengan obat yang biasa diresepkan oleh dokter. Menurut penelitian tersebut, rumput laut mengandung senyawa protein tinggi yang dikenal sebagai peptida bioaktif. Senyawa ini juga ditemukan dalam susu. Efeknya mirip dengan ACE inhibitor, yang sering diresepkan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung serta stroke.

Kalori dalam rumput laut sangat rendah. Beberapa ilmuwan bahkan mengklaim, rumput laut dapat membantu menurunkan berat badan dengan mencegah penyerapan lemak.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Chemical Society’s Journal of Agricultural and Food Chemistry, juga melihat kemanjuran rumput laut dari 100 penelitian lainnya. Ini dilakukan sebagai upaya untuk memanfaatkan potensi senyawa bioaktif dan mengetahui rumput laut sebagai produk makanan sehat.
“Spesies alga dari lingkungan perairan dan kemudahan budidaya, bisa membuat ganggang sebagai sumber makanan, juga digunakan sebagai senyawa bioaktif baru,” kata Dr. Mary Hayes, dari Pusat Penelitian Makanan di Dublin, Jerman.

Rumput laut yang paling populer adalah wakame, yang sering digunakan dalam sup miso. Ada juga kombu dan nori, yang mudah ditemukan di supermarket. Anda dapat mengolahnya menjadi makanan lezat dalam menu harian untuk menjaga jantung tetap sehat.

Semoga bermanfaat, salam sukses

0 Response to "Mengatasi Hipertensi dengan Rumput Laut"

Post a Comment