Madu Yaman

Cara membuat kaldu yang enak dan gurih

Bahan dasar membuat sop, soto atau pun membuat saus biasanya berbahan dasar air kaldu yang terdiri dari bermacam-macam diantaranya kaldu daging, ayam, udang atau sayuran yang sudah dilengkapi dengan bumbu-bumbu lainnya.

Berikut ini beberapa jenis kaldu dan cara membuatnya agar lebih enak dan gurih :

1. Kaldu Sayuran :
Kaldu ini terbuat dari air dan aneka sayuran yang dipotong kasar-kasar.  Sayuran yang dipakai biasanya bawang bombai,1 batang seledri, 3 batang peterseli, 2 lembar bayleaf, 1 sendok teh merica bulat, 1 bh wortel yang dipotong jadi 8 bagian. Semua bahan ini direbus dengan api kecil sampai mendidih dan kaldu tinggal setengahnya. Saring kaldu dan siap digunakan untuk membuat sup.

2. Kaldu Daging:
Jika ingin membuat kaldu daging yang lezat campurlah 3 liter air dengan 1 kg tulang sapi, 1 bh wortel yang telah dipotong kasar-kasar, 1 sdt merica bulat, masak dalam panic tertutup selama 3-4 jam, sambil sesekali diaduk. Saring kaldunya, sisihkan sayuran dan tulangnya.

3. Kaldu Udang:
Untuk kaldu udang yang dipergunakan adalah 2 liter air, 500 gr kulit udang dan kepalanya. Tambahkan bawang bombai, jahe, daun bawang dan seledri. Rebus sampai kaldu mendidih dengan api kecil, saring. Kaldu ini biasa dipakai untuk membuat tomyam, atau sup seafood. Untuk membuat kaldu ikan sama proses pembuatannya dengan kaldu udang.

4. Kaldu Ayam:
Untuk membuat kaldu ayam yang lezat, sebaiknya ayam yang dipakai ayam kampung yang tua atau ayam jago. 2 literair, tambahkan bawang bombai, seledri, merica bulat, masak dengan api kecil sampai kaldu tinggal setengahnya. Saring.

Yang harus diperhatikan saat memasak kaldu :
  1. Pada saat memasak air kaldu, biasanya akan terdapat buih, buanglah buih tersebut, supaya kaldu menjadi jernih.
  2. Setelah proses memasak saring dengan menggunakan kain katun tipis.
  3. Simpan kaldu dalam lemari es. Buang lemak yang membeku.
  4. Jika kaldu dalam jumlah banyak, sebaiknya masukkan kaldu dalam beberapa kantong plastik dan simpan dalam frezzer.  Kaldu dapat disimpan selama 1 bulan.
 Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

1 Response to "Cara membuat kaldu yang enak dan gurih"