Madu Yaman

Bolehkah mencuci mesin mobil


Sekali-kali kalau kita perhatikan mesin mobil yang setiap hari setia menemani kita kemana saja dan kapan saja sangat mungkin sekali keadaan mesin mobil sudah terlihat kotor penuh debu jalanan, sehingga terpikir cara terbaik untuk menjaga kebersihannya adalah dengan cara mecuci mesin mobil.

Pertanyaannya sekarang adalah “Apakah boleh mencuci mesin mobil?” Sebenarnya mencuci bukan berarti harus menyirami mesin sampai basah seperti ketika kita mencuci bodi mobil. Siraman yang basah tentu penuh resiko karena pada bagian atas terdapat sekering dan bemacam-macam peralatan elektronik terutama untuk mobil keluaran baru.

Sebenarnya boleh saja kita mencuci mesin mobil akan tetapi kita harus tahu dasarnya, mobilnya buatan tahun berapa? Misalnya tahun 2000 ke bawah atau 7 tahun ke bawah tidak direkomendasikan karena masih banyak bagian yang terbuka.


Yang dianjurkan untuk dilakukan adalah menyikat-nyikat per bagian dengan menggunakan sikat gigi lalu kemudian dilap dan dikeringkan. Boleh menggunakan air sabun biasa kalaupun ada dapat juga menggunakan cairan engine degreaser. Kandungan kimia engine degreaser (ED) lebih kuat untuk menghilangkan oli-oli yang menempel di mesin. Tetapi ED harus digunakan dalam keadaan mesin dingin kerena kalau ED dignakan saat mesin masih relative panas maka akan timbul noda putih atau, noda putih bias timbul karena tidak cocok dengan bahan logam mesin mobil. Coba semprotkan di bagian tertentu pada mesin, lalu dilap. Kalau hasilnya belang, jangan dilanjutkan.


Dapat dilakukan pula setelah dibersihkan biasanya mesin disemir dengan silikon yang solvent-based. Silikonnya menguap, solvent-nya masih tertinggal. Yang paling aman adalah mencuci mobil sendiri menggunakan air sabun. Ada juga orang yang menggunakan minyak tanah tetapi untuk mesin-mesin baru sangat tidak dianjurkan. Jika anda ragu dan khawatir mencuci mesin sendiri, sebaiknya ke tukang cuci profesional. Karena ada yang memiliki peralatan khusus memakai metode penguapan (steam).

Cara kerjanya adalah mesin disemprot uap untuk merontokkan debu, lalu dibilas menggunakan degreaser kemudian disemir dengan semir berbahan water based dan dilap lagi. Membersihkan dengan uap, begitu uap menyentuh permukaan langsung hilang uapnya. Ini lebih aman untuk mobil-mobil yang banyak electrical-nya dan hasilnya lebih bersih.






0 Response to "Bolehkah mencuci mesin mobil"

Post a Comment