Madu Yaman

Tips cara membersihkan interior mobil

Penumpukan debu dari berbagai macam sumber semisal remah makanan, debu yang berasal dari telapak sepatu dan debu lainnya yang beterbangan masuk ke ruang interior mobil Anda sangat mungkin sekali menimbulkan berbagai penyakit bagi pemilikya.
 
Berbanding lurus dengan usia kendaraan Anda maka debu yang berada di sela-sela tak terjangkau saat pencucian atau pembersihan interior mobil pun akan semakin menumpuk.

Masalah umum yang sering dihadapi pemilik kendaraan adalah warna yang tidak lagi sesuai antara jok dengan panel pintu, karpet yang kotor dan lingkar kemudi yang lengket.

Membersihkan interior pada mobil kesayangan bukanlah kegiatan yang menyeramkan, terlebih lagi hasilnya akan kita rasakan sendiri. Mobil bersih adalah cerminan kepribadian pemiliknya. Lalu bagaimana urutannya?
  1. Keluarkan barang-barang yang besar terlebih dahulu. hal ini untuk mengurangi spot yang terlewat untuk dibersihkan. 
  2. Geser jok depan ke belakang agar mendapatkan ruang yang cukup besar. 
  3. Gunakan penyedot debu dengan kuas kecil untuk membersihkan seluruh bagian jok, dashboard, ruang kaki dan celah instrumen yang dapat terjangkau. Perhatikan agar jangan ada yang ketinggalan.
  4. Peralatan yang tepat adalah hal yang esensial, pastikan menggunakan sikat terlebih dulu untuk mengeluarkan benda yang lebih besar sebelum disedot dengan penyedot debu hal ini berguna agar setiap debu pada celah dan sudut terdalam dapat terjangkau. 
  5. Karpet dapat dicuci menggunakan alat bantu spray, air hangat dengan campuran formula pembersih. semprot, sikat, dan keringkan ulangi sampai bersih. Memang akan sedikit memakan tenaga dan biaya tetapi akan membuat perubahan besar pada interior.
Selanjutnya adalah membersihkan dengan menggunakan handuk bersih. Usahakan agar handuk memiliki bahan yang sesuai dengan jenis kulit pada mobil. Jika tidak, bukan bersih yang didapat melainkan hanya merusak.

Perhatikan agar selalu membalik handuk ke bagian yang bersih untuk usapan selanjutnya. Ini dimaksudkan agar meminimalisir kembalinya kotoran ke tempat yang sudah dibersihkan. Sama halnya dengan rapuhnya jaket kulit yang dipakai ketika hujan, sama persis dengan jok kulit mobil.

Gunakan pembersih khusus kulit untuk mengembalikan minyak esensial sehingga jok anda akan kembali lembut ketika ditekan. Tidak berbeda ketika membersihkan jok, cara yang sama bisa digunakan untuk membersihkan stir dan tuas transmisi dari bekas keringat dari tangan kita.

Membersihkan bahan dashboard yang mengandung plastik harus menggunakan formula khusus. Pastikan memakai pembersih yang aman untuk bahan plastik, disarankan untuk tidak menggunakan bahan yang memiliki kandungan silikon karena hanya dapat memberikan hasil mengkilap namun lengket.

Pekerjaan yang melelahkan ada pada tingkat detil. Lebih baik mengerjakan sendiri dengan lebih personal dibandingkan menyerahkannya pada petugas pencucian mobil.

Bagian-bagian lain yang perlu juga dibersihkan adalah panel alumunium dengan menggunakan lap biasa, kemudian ventilasi udara, kotoran dan debu lengket pada panel instrumen dan tombol headunit, serta jangan dilupakan sabuk pengaman.

Sebagai pelengkap, hal terakhir untuk dilakukan adalah menggunakan penghilang bau. Sekarang mobil Anda akan tampak seperti baru.

Semoga bermanfaat, salam sukses.

0 Response to "Tips cara membersihkan interior mobil"

Post a Comment