Madu Yaman

Minuman ringan rendah gula (air kelapa)

Selain menyegarkan rupanya air kelapa juga mempunyai segudang manfaat bagi tubuh manusia. Khusus di Indonesia kelapa bukanlah hal yang asing. Hampir semua bagian dari pohon kelapa dapat di manfaatkan oleh manusia.

Air kelapa yang merupakan minuman segar alami bisa menjadi minuman penyegar alternatif yang lebih baik. Karena air kelapa memiliki kadar gula lebih rendah daripada soft drink ataupun jus buah, juga kaya vitamin dan mineral.

Yang tak kalah penting, air kelapa juga menjadi minuman ringan rendah gula. Air kelapa pun merupakan minuman isotonik yang mengandung elektrolit yang kadarnya kurang lebih sama dengan tubuh kita. Pasca Perang Dunia II, ketika tidak tersedia kecukupan darah untuk mentransfusi para tentara yang terluka, air kelapalah yang diberikan pada mereka. Karena air kelapa ini mengandung zat yang hampir mirip dengan plasma darah manusia.

Fakta lain dari air kelapa:
  • Dibanding susu, air kelapa rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol
  • Lebih sehat daripada jus jeruk karena kalorinya lebih rendah
  • Dalam 100 ml air kelapa mengandung kalium 294 mg - lebih besar daripada minuman olahraga yang hanya 117 mg. Kandungan natriumnya hanya 25 mg, lebih sedikit daripada minuman olahraga yang sekitar 41 mg bahkan ada yang hingga 200 mg. Gulanya pun gula alami dan hanya 5 mg, lebih rendah daripada minuman olahraga dan minuman energi yang berkisar antara 10-25 mg. Diperkirakan, minuman ini menggunakan pemanis buatan. Kandungan klorida 118 mg, sementara minuman olahraga hanya 39 mg.
Nah, manfaat buah kelapa memang luar biasa, selain menyegarkan ternyata juga menyehatkan. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Minuman ringan rendah gula (air kelapa)"

Post a Comment