Madu Yaman

Manfaat vitamin B1 dan B2 bagi tubuh

Kata Vitamin sudah sangat sering kita dengar. Tapi tahukan Anda bahwa vitamin yang dalam bahasa Inggris disebut vital amine, vitamin merupakan kelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh manusia.

Nama vitamin sebenarnya berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. Setelah dilakukan penelitian lanjutan diketahui bahwa vitamin sama sekali tidak memiliki atom N. Dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada dasarnya, senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal.

Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat).

Vitamin dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sangat kecil. Namun begitu vitamin memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai pengatur. Vitamin dikelompokkan menjadi dua, yakni vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air. Vitamin B termasuk vitamin yang larut dalam air. Dalam kelompok ini kita mengenal beberapa macam vitamin B, yakni B1, B2, B3, B5, B6, B12.

Mari berkenalan satu per satu seperti yang dikupas Dra. Emma S. Wirakusumah, M.Sc., dalam buku Jus Buah dan Sayuran.
  • Vitamin B1 (thiamin). Sumber utama vitamin ini adalah kacang-kacangan dan serelia. Sayuran seperti kacang panjang, buncis, daun kacang panjang, serta kacang kapri memiliki kandungan thiamin yang cukup tinggi.
    Thiamin berperan dalam oksidasi zat gizi dan pelepasan energi di dalam tubuh. Thiamin juga merupakan bagian dari sistem enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat. Selain itu, thiamin memiliki andil dalam "menormalkan fungsi saraf, otot, dan jantung".

  • Vitamin B2 (riboflavin). Umumnya, buah dan sayuran mengandung riboflavin dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Riboflavin di antaranya terdapat pada sayuran berwarna hijau dan jamur. Riboflavin berperan dalam "pembentukan enzim yang terlibat dalam produksi energi". Fungsi lainnya "membantu pertumbuhan dan reproduksi; membantu metabolisme berbagai zat gizi; menjaga kesehatan mata, kulit, kuku, rambut, mulut, bibir, dan tenggorokan".

    Semoga bermanfaat, salam sukses.

0 Response to "Manfaat vitamin B1 dan B2 bagi tubuh"

Post a Comment