Madu Yaman

Istilah dan alat pengaman ban yang handal

Berjalan dijalan raya yang ramai dan beraspal licin sebenarnya tidaklah terlalu aman. Ada kejadian beberapa kasus ban kendaraan anda kempes mendadak disebabkan ranjau paku oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Tahukan anda bahwa telah diciptakan alat untuk mengantisipasi kejadian terkait dengan ban demi keamanan  dan keselamatan si pengendara?

Berikut ini istilah dan alat pengaman ban yang handal yang dapat anda terapkan pada kendaraan :

TYRON, adalah alat pengaman roda kendaraan yang mempunyai bentuk menyerupai cincin dan terbuat dari campuran logam, seng, alumunium, dll, juga sudah melalui proses coating sehingga mampu menahan karat. Pada bagian tengah sabuk/cincin, terdapat kancing-kancing berwarna biru, hijau, atau pun merah, tergantung dari ukuran yang akan diaplikasikan sesuai dengan kedalaman. Cara kerja alat ini adalah kancing akan membantu menghentikan atau menahan putaran ban saat ban tidak lagi menggigit velg, sehingga putaran ban dan putaran velg hampir berbanding 1:1. Sabuk ini sendiri berguna untuk menjaga ban agar tidak lepas atau keluar dari velg kendaraan, karena pada saat angin di dalam ban sudah kosong, maka tidak ada lagi tekanan yg menahan ban untuk tetap berada di dalam velg, ini bisa mengakibatkan telapak ban terlihat sedemikian rupa dan tidak lagi mencengkram pada permukaan jalan. Jadi kontrol kendaraan pun akan hilang, yang lebih parahnya lagi adalah ban bisa terlepas dari velg. Sabuk TYRON menjaga agar kemungkinan tersebut tidak terjadi pada kendaraan saat terjadi pecah ban atau ban kempes.

RHINO TIRE adalah cara lain yang bisa dipakai untuk melindungi ban dengan menggunakan semacam pelapis aspal yang ditempelkan pada tapak ban bagian dalam. Sementara baru merek Rhino Tire yang tersedia. Pelapis ini akan langsung menutup lubang apabila ban terkena paku, termasuk paku model ranjau yang punya lubang pembuangan angin. Karena tebal lapisan hanya sekitar 2 mm, maka ban bisa di balancing sempurna. Sebaiknya pemasangan Rino Tire adalah ketika membeli ban baru dan langsung diberikan pelapis seperti ini supaya efek amannya terasa lebih murah. Garansi tidak akan ada kebocoran sepanjang usia ban alias sampai kembang ban habis.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Istilah dan alat pengaman ban yang handal"

Post a Comment