Madu Yaman

Tips supaya lebih produktif di jam kerja


Senin pagi adalah hal yang paling dibenci oleh kebanyakan orang karena sudah bisa di pastikan dikantor banyak tugas sudah menunggu. Tapi kadang kala Anda tidak menyadari bahwa dari 8 jam waktu bekerja, tidak dimanfaatkan secara maksimal. Akibatnya, di penghujung jam kerja pun Anda terpaksa lembur, dan keesokan harinya Anda harus datang lebih pagi untuk melanjutkan tugas berikutnya. Memang Anda akan tampak sibuk dengan kerja lembur, nyatanya karena kerja yang tidak produktif karena banyak waktu yang habis terbuang percuma.
Berikut ini lima langkah yang dapat membantu Anda agar lebih produktif dalam bekerja :
  1. Konsentrasi, anda butuh waktu kurang lebih satu jam, yang bisa Anda manfaatkan untuk berkonsentrasi dalam menentukan skala prioritas kerja. Jangan sampai Anda terpancing godaan apa pun yang nantinya justru merugikan diri sendiri.
  2. Maksimalkan waktu, ada waktu-waktu tertentu dalam setiap hari di mana energi dan semangat Anda ada di titik puncak. Sehingga kemampuan untuk berpikir dan konsentrasi terhadap pekerjaan juga sedang tinggi. Cari tahu kapan waktu puncak Anda setiap hari, dan gunakan waktu tersebut untuk mengerjakan pekerjaan terpenting. Pisahkan jadwal meeting, janji, atau aktivitas lain ke jam lain.
  3. Hindari obrolan yang tidak penting, berhenti bekerja meski hanya sesaat untuk sekedar berbincang santai dengan teman sekantor, sebaiknya Anda hindari. Karena akan merusak konsentrasi kerja, membuang-buang waktu, dan merusak produktivitas kerja Anda. Jika Anda melihat ada gelagat teman Anda yang hendak memancing obrolan atau gosip yang tidak penting, sebaiknya Anda menolak secara halus agar tidak menyinggung perasaan teman Anda. Toh, Anda bisa mengatur waktu ngobrol dengan teman-teman saat jam makan siang atau usai jam pulang kantor.
  4. Batasi penggunaan telepon, begitu telepon berdering, maka saat itu pula konsentrasi bekerja akan terganggu. Saat sedang konsentrasi kerja, biarkan mesin penjawab telepon yang menjawab panggilan tersebut. Jika telepon yang Anda terima sangat penting, usahakan untuk bebincang langsung pada inti permasalahannya saja, jangan sampai Anda terpancing obrolan yang tidak penting.
  5. Atur jadwal dengan baik, kebanyakan waktu sering terbuang percuma karena Anda bolak-balik menanyakan sesuatu hal pada rekan kerja. Padahal, selain membuang-buang waktu, hal ini juga akan mengganggu ritme kerja orang lain. Sebaiknya, sebelum Anda memulai pekerjaan, kumpulkan terlebih dulu materi kerja Anda dan atur jadwal dengan baik.
Nah, dengan maksimalnya hasil pekerjaan anda, sang bos pun pasti akan senang dan promosi jabatan pun sudah menunggu pastinya. Selamat mencoba…

Sumber : lensa.diskopjatim

0 Response to "Tips supaya lebih produktif di jam kerja"

Post a Comment