Senin pagi adalah
hal yang paling dibenci oleh kebanyakan orang karena sudah bisa di pastikan dikantor
banyak tugas sudah menunggu. Tapi kadang kala Anda tidak menyadari bahwa dari 8
jam waktu bekerja, tidak dimanfaatkan secara maksimal. Akibatnya, di penghujung
jam kerja pun Anda terpaksa lembur, dan keesokan harinya Anda harus datang
lebih pagi untuk melanjutkan tugas berikutnya. Memang Anda akan tampak sibuk
dengan kerja lembur, nyatanya karena kerja yang tidak produktif karena banyak
waktu yang habis terbuang percuma.
Berikut ini lima
langkah yang dapat membantu Anda agar lebih produktif dalam bekerja :
- Konsentrasi, anda butuh waktu kurang lebih satu jam, yang bisa
Anda manfaatkan untuk berkonsentrasi dalam menentukan skala prioritas
kerja. Jangan sampai Anda terpancing godaan apa pun yang nantinya justru
merugikan diri sendiri.
- Maksimalkan waktu, ada waktu-waktu tertentu dalam setiap hari
di mana energi dan semangat Anda ada di titik puncak. Sehingga kemampuan
untuk berpikir dan konsentrasi terhadap pekerjaan juga sedang tinggi. Cari
tahu kapan waktu puncak Anda setiap hari, dan gunakan waktu tersebut untuk
mengerjakan pekerjaan terpenting. Pisahkan jadwal meeting, janji, atau
aktivitas lain ke jam lain.
- Hindari obrolan yang tidak penting, berhenti bekerja meski
hanya sesaat untuk sekedar berbincang santai dengan teman sekantor,
sebaiknya Anda hindari. Karena akan merusak konsentrasi kerja,
membuang-buang waktu, dan merusak produktivitas kerja Anda. Jika Anda
melihat ada gelagat teman Anda yang hendak memancing obrolan atau gosip
yang tidak penting, sebaiknya Anda menolak secara halus agar tidak
menyinggung perasaan teman Anda. Toh, Anda bisa mengatur waktu ngobrol dengan
teman-teman saat jam makan siang atau usai jam pulang kantor.
- Batasi penggunaan telepon, begitu telepon berdering, maka saat
itu pula konsentrasi bekerja akan terganggu. Saat sedang konsentrasi
kerja, biarkan mesin penjawab telepon yang menjawab panggilan tersebut.
Jika telepon yang Anda terima sangat penting, usahakan untuk bebincang
langsung pada inti permasalahannya saja, jangan sampai Anda terpancing
obrolan yang tidak penting.
- Atur jadwal dengan baik, kebanyakan waktu sering terbuang percuma karena Anda bolak-balik menanyakan sesuatu hal pada rekan kerja. Padahal, selain membuang-buang waktu, hal ini juga akan mengganggu ritme kerja orang lain. Sebaiknya, sebelum Anda memulai pekerjaan, kumpulkan terlebih dulu materi kerja Anda dan atur jadwal dengan baik.
Sumber : lensa.diskopjatim
0 Response to "Tips supaya lebih produktif di jam kerja"
Post a Comment