Madu Yaman

Tips supaya air tidak masuk ke dalam selang hawa motor


Musim hujan yang turun terus menerus hampir tanpa henti, menyebabkan banjir dimana-mana. Tunggangan si roda dua pun memerlukan penanganan antisipasi dalam berbagai keadaan tidak terkecuali hal yang dianggap sepele yaitu slang hawa pada karburator

Slang hawa atau slang ventilasi ada di banyak bagian motor. Seperti di karburator, filter udara hingga di rumah CVT. Tugas slang hawa selain sebagai sirkulasi udara juga menghindari air masuk. Tapi tidak semua slang di motor aman dari air atau kotoran. “Apalagi ada beberapa tipe slang hawa yang ujungnya plong dan tidak ada pelindung atau pengaman. Resikonya genangan air atau debu gampang masuk dan terhisap.

Nah, agar air atau debu enggak gampang masuk, mending ujung slang dibentuk menyerupai klep. Caranya  : lingkaran di ujung slang direkatkan menyerupai bibir dengan cara dijepit pakai tang. Sehingga material di dalam slang bisa keluar tapi yang dari luar tidak bisa masuk.

“Cuma karena sifat slang fleksibel dan bentuknya bisa balik semula, saat bikin ujung slang biar rapat baiknya gunakan tang biasa yang ujungnya dipanaskan. Setelah merekat, bagian yang mengerucut dipotong pakai gunting. Dipastikan bentuknya akan tetap rapat.

Selamat mencoba, Salam sukses.

0 Response to "Tips supaya air tidak masuk ke dalam selang hawa motor"

Post a Comment