Madu Yaman

Tips cara menambal ban agar lebih kuat dan tahan lama


Cara menambal ban oleh penambal ban pinggir jalan semua sama yaitu dengan mengecek kebocoran, pembersihan, penambalan lalu dipanaskan biar hasilnya nyatu.

Teknik tambal ban dilakukan dengan memberikan karet kompon (rubber compound). Material karet hitam yang jika dipanaskan dalam waktu tertentu akan melekat dengan ban dalam  sehingga bagian yang bocor dapat tertutup kembali.

Tapi, sebelum karet kompon dilekatkan ke bagian ban dalam yang bocor, permukaan ban dalam yang bocor dibersihkan sekaligus diberi serat. Tujuannya pada saat proses akhir atau pemanasan, karet kompon benar-benar melekat dengan permukaan ban dalam yang bocor.
Selain pembersihan, proses pemanasan juga kunci keberhasilan trik tambal ban. Jika pemanasan kurang baik, karet kompon bisa tak menyatu atau bahkan pecah-pecah.

Ada pula trik lain agar hasil tambal ban tahan lama dan kompon benar-benar menyatu dengan ban yang bocor, yaitu dengan memberi lapisan kertas aluminium (alumunium yang biasa terdapat didalam bungkus rokok) sebagai media penghantar panas. Tapi hasilnya kadang kurang sempurna atau pecah-pecah saat alumunium dibersihkan dari ban. Hal itu disebabkan pemanasan kurang lama dan tidak fokus di bagian yang ditambal. Agar hasilnya lebih bagus, maka panaskan bagian yang ditambal lebih lama dari biasanya. Sekaligus dicek beberapa kali karena bila terlalu panas maka ban yang dipanaskan akan mengembang atau benjol.

0 Response to "Tips cara menambal ban agar lebih kuat dan tahan lama"

Post a Comment