Madu Yaman

Tips cara mengatasi tumit pecah-pecah


Tumit pecah-pecah yang banyak dialami terutama oleh kaum perempuan (para Ibu) penyebabnya ada dua, yakni internal dan eksternal. Faktor internal, di antaranya usia dan gangguan hormonal. Sedangkan faktor eksternal bisa disebabkan oleh perubahan cuaca yang drastis dan pemakaian sabun atau deterjen. 

Kandungan soda dalam deterjen menyebabkan kulit kaki kehilangan kelembapannya dalam jumlah besar, sehingga membuatnya jadi sangat kering dan akhirnya pecah-pecah. Kulit pada tumit memang lebih tebal dari bagian kulit manapun karena kaki terutama tumit menerima beban dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tumit pecah-pecah bisa terjadi karena cara jalan anda yang salah, penggunaan sepatu hak tinggi, terlalu banyak terkena debu, kelebihan berat badan hingga infeksi jamur pada tumit anda.

Untuk merawat tumit pecah-pecah, Anda bisa menggosok tumit dengan menggunakan batu apung. Gosokan tumit Anda dengan arah memutar pada tumit. Selain menggunakan batu apung ini Anda juga dapat menggunakan bawang putih, gosokan bawang putih pada tumit Anda. Sebelum Anda menggosok tumit dengan bawang putih ataupun batu apung, rendamlah kaki atau tumit pada air hangat selama 15 menit. Setelah direndam dan dibersihkan sampai kering barulah Anda menggosok tumit dengan bawang putih.

Kebiasaan lain yang sering menimbulkan tumit pecah-pecah adalah tidak memakai alas kaki. Bertelanjang kaki di tempat yang lembap atau becek karena telapak kaki yang sering bersentuhan langsung dengan lantai menyebabkan tumit mudah pecah-pecah. Bila Anda sering memakai sepatu, usahakanlah jangan memakai sepatu dengan ukuran yang terlalu sempit atau bahkan pas-pasan dikaki untuk mengurangi gesekan antara sepatu dengan kulit kaki Anda. Anda juga bisa menggunakan bantalan tumit untuk menghindari tekanan yang berlebihan pada tumit.

Bila tumit pecah-pecah belum juga reda, Anda bisa membeli obat khusus untuk mengobatinya. Jangan lupa untuk menggunakan lotion pelembab kulit yang mengandung AHA untuk menambahkan kelembaban pada tumit anda. Gunakan krim penghalus tumit setiap hari lebih-lebih di malam hari karena saat malam hari kulit benar-benar beristirahan dan penggunaan lotion akan mudah bereaksi. Walaupun tumit sudah tidak lagi pecah-pecah, Anda juga tetap menjaga keindahan dan kesehatannya agar tidak rusak lagi.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba. (sumber : viva)

1 Response to "Tips cara mengatasi tumit pecah-pecah"

  1. Salam Kenal
    Kaki adalah hal yg paling penting dalalm kehidupan, jika kaki mengalami masalah maka aktivitas akan terganggu.
    Artikel ini sangat bermanfaat dan menambah informasi mengenai tips cara mengatasi tumit pecah-pecah,, thanks ya ^_^
    agar kaki terhindar dari kuman, debu, penyakit atau hal yang tidak kita inginkan, sebaiknya menggunakan kaos kaki wanita agar nyaman digunakan dan cantik jika dipandang -_^
    Salam Sukses :-)

    ReplyDelete