Madu Yaman

Tips cara mencegah karat dengan cat kuku


Bagi anda yang sudah punya istri, coba sekali-kali cek kotak perhiasannya mungkin saja disana anda bisa menemukan cat kuku atau biasa disebut kutek. Tapi tahukah anda bahwa cat kuku (kutek) dapat pula digunakan sebagai anti karat pada motor anda? Terkhusus lagi karat pada drat mur dan baut.
Pada saat membuka mur atau baut di motor apalagi yang jarang dibuka seperti baut handle gigi atau shock sering kali susah untuk dibuka. Kalau dipaksakan kunci pas maupun kunci ring pun kadang rusak dan lebih parahnya lagi baut jadi patah atau dol.
Sebagian besar, penyebabnya, adalah karat yang berada di dalam mur. Karat ini berasal dari air yang menyusup melalui drat baut dan terperangkap di mur. Bisa karena motor kehujanan, atau karena motor yang rajin dicuci. Karena air itu terperangkap di dalam mur yang berbahan besi, lama-kelamaan teroksidasi dengan udara. Jadilah karat. Karat ini membuat mur dan baut makin menempel dan susah dilepas.
Agar mur dan baut gampang dilepas, caranya adalah dengan mencegah terjadinya karat di dalam mur. Gampang kok, cukup dengan cat kuku dan sudah teruji. Cara pakainya adalah dengan menguaskan cat kuku pada bibir mur setelah terpasang pada baut. Biarkan hingga mengering. Ulangi bila perlu sampai menutup celah yang bakal dilalui air. Jadi logikanya adalah cat kuku yang telah mengering dapat menghambat masuknya air ke celah mur atau baut sehingga dapat mencegah terjadinya karat.
Nah, rupanya istilah mencegah lebih baik dari pada mengobati juga berlaku untuk motor anda! Selamat mencoba…




0 Response to "Tips cara mencegah karat dengan cat kuku"

Post a Comment