Tips Supaya Kaca Mobil Tidak Buram

Kenyaman dalam berkendaraan adalah suatu keharusan selain bersih dari segi interior juga penting untuk diperhatikan adalah cara perawatan kaca mobil supaya selalu bersih dan jernih, dan cara untuk lihat kaca yang sudah memerlukan perhatian khusus adalah sewaktu mencuci mobil, dengan cara menyemprotkan air pada kaca depan lalu usap dengan tangan,.bila di atas kaca terdapat sisa gumpalan air  itu berarti kaca mobil wajib mendapatkan perawatan.

Beberapa Tips berikut mungkin bisa membantu merawat kaca mobil anda :
1. Pilihan Pembersih Kaca yang bagus
Banyak jenis pembersih kaca yang beredar dipasaran mulai pembersih dengan kandungan ammonia sampai formula pencegah bercak, atau pembersih biasa. Sebenarnya lap pembersih konsepnya sama yaitu membersihkan, mengeringkan, dan memoles akan tetapi lebih baik anda mencari pembersih yang mengandung citric acid dan alkohol. Ada pula bahan seperti Water Spot Removal dan Glass Cleaner. Jika isi kantong anda terbatas dan menginginkan harga yang lebih murah dan praktis maka bahan-bahan seperti kertas koran, cairan pembersih piring, jeruk nipis, tembakau sampai pasta gigi dapat saja digunakan.
  • Untuk water spot, jasa kertas koran dapat dimanfaatkan, caranya dengan terlebih dahulu mencelupkan koran ke dalam air dan seka bagian yang terdeteksi. Kandungan karbon pada kertas dapat meluruhkan jamur ringan.
  • Pada taraf alkaline spot, bantuan pasta gigi dapat digunakan, caranya : oleskan pada bagian yang terkena dan seka dengan gerakan bolak balik kemudian bersihkan dengan kain mikrofiber guna memastikan noda terangkat.
  • Asyiknya pasta gigi ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan lapisan minyak caranya : Agar pemakaian pasta gigi tidak boros, campur dengan air dan diaduk lalu konsentrat itu yang dioleskan pada kaca, keringkan dan kaca akan bening kembali.
  • Bahan lain untuk menghilangkan lapisan minyak adalah cairan pembersih piring. Aplikasinya sama dengan pasta gigi. Dalam memanfaatkan tembakau, Anda hanya perlu mengaduknya dengan segelas air panas. Lalu air campuran itu dapat dipakai untuk menghilangkan lapisan minyak.
  • Jeruk nipis. Aplikasi jeruk ini pun mudah caranya : setelah jeruk dibelah lalu mengoleskan pada kaca secara merata. Bilas dengan air lalu keringkan. Lapisan minyak pun akan terangkat dari kaca. Jangan lupa, bersihkan juga karet wiper dengan bahan di atas karena minyak turut melapisi karet wiper.

Membersihkan Pasir dan Debu
Kaca dibuat dari campuran silika dan aluminium, sehingga musuh terbesarnya adalah pasir, karena pasir juga terdiri dari silika dan aluminium.Untuk mencegah kaca tergores, bersihkan sesering mungkin list karet penyangga kaca pada pintu. Jika kaca tertutup debu tebal, jangan sekali-kali mengaktifkan washer. Air yang bercampur debu akan menjadi lumpur, sehingga berpotensi membuat kaca tergores halus. Sebaiknya, gunakan kemoceng (bulu ayam) untuk menghalau debu. Anda juga dapat menggunakan lap microfiber yang halus bagaikan sutera. Lap ini mampu menarik debu, noda, sisa minyak, dan garam seperti magnet. Namun, sebaiknya gunakan dahulu kemoceng.
Untuk kaca spion berpemanas (anti embun) dan kaca spion dalam anti silau, gunakan sampo pembersih yang tidak mengandung deterjen dan asam. Sebab, sampo jenis tersebut bisa membuat kaca menjadi kekuningan. Kalau sudah begini, kemampuan spion menghalau embun dan silau akan menurun. Adapun cara untuk mencegah debu menempel di kaca spion adalah dengan menggosokkan wax (pasta pengilap mobil) pada bidang cembung spion. Namun, jangan lakukan ini pada kaca depan, samping, atau belakang karena ada perbedaan material dan konstruksi pada masing-masing kaca.

Perawatan kaca spion mobil Sesuai Musim
Menurut Anthony, intrusktur dari Pro Autodetailing Training School, sesuaikan perawatan kaca dengan musim, karena di setiap musim terdapat “musuh” yang berbeda. Di musim panas, debu dan asap knalpot mempercepat kaca menjadi buram. Suhu yang panas juga membuat karet wiper getas. Solusinya, di musim panas, hindari menambahkan sampo pembersih kaca pada reservoir wiper, sebab busa sampo yang akan cepat mengering berpotensi menimbulkan kerak saat washer dihidupkan. Sedangkan di musim hujan, musuh utama kaca adalah bercak air. Di musim ini, Anda boleh menambahkan cairan sampo ke dalam reservoir wiper. Tetapi, ingat, aktifkan washer setelah kaca terbasuh air hujan, bukan sebaliknya.

Membersihkan Bercak
Kaca dapat saja dikontaminasi oleh bercak air hujan karena air tersebut mengandung kalsium, metal, dan mineral lain yang berasal dari sungai, danau, atau laut. Bercak ini jika menempel cukup lama, akan sulit dibersihkan dengan pembersih kaca ataupun air. Jika bercak airnya tidak terlalu kentara, maka cukup campurkan vinegar dengan perbandingan 2:1 dengan air. Sedangkan untuk bercak yang keras, gunakan vinegar saja. Penggunaan vinegar ini tidak akan merusak mobil, karena tergolong asam yang sangat lembut. Jika bercak air tersebut dibiarkan hingga dua minggu, maka dapat merusak kaca mobil Anda.

Membersihkan Kaca Berfilm
Lapisan kaca film biasanya terbuat dari plastik mylar. Mylar sangat rentan dengan goresan dan ammonia. Untuk membersihkan kaca berlapis film, gunakan pembersih kaca yang lembut dengan campuran air. Hindari cleaner yang mengandung soda dan sampo. Jika kaca film tersiram cairan bersoda, maka fitur penahan panas yang terdiri dari beberapa lapisan ini akan terkelupas. Untuk amannya, basuh dengan air bersih kemudian lap dengan chamois.
Selamat mencoba ...

0 komentar:

Post a Comment