Madu Yaman

Strategi mengatasi pembobolan uang perusahaan oleh karyawan

Setiap perusahaan pasti memiliki auditor untuk melakukan peng-auditan terhadap setiap departemen dalam perusahaan. Namun tetap saja terjadi praktik-praktik kecurang yang utamanya dilakukan oleh orang dalam itru sendiri dalam hal ini karyawan perusahaan.
  
Oleh sebab itu sebuah perusahaan konsultan keamanan di Amerika Serikat, Marquet International, melakukan penelitian tentang pencurian uang oleh karyawan di beberapa perusahaan di Amerika Serikat. Ternyata ditemukan adanya peningkatan jumlah pencurian uang oleh karyawan sebesar 11 persen pada tahun 2012 dibanding tahun 2011. 

Untuk itu Marquet International memberikan beberapa strategi pencegahan pencurian uang perusahaan oleh karyawan:
  1. Jangan izinkan satu orang karyawan mengakses semua aspek keuangan di perusahaan. Pastikan terdapat pembagian kerja di setiap divisi di departemen keuangan.
  2. Secara reguler, lakukanlah rotasi tanggung jawab di bagian pembukuan.
  3. Pastikan karyawan di bidang pembukuan mengambil cuti dan liburan. Penggelapan kerap terjadi karena jarang atau tidak adanya liburan.
  4. Jangan izinkan karyawan di bidang pembukuan membawa pekerjaan mereka ke rumah.
  5. Pastikan cek dengan jumlah nominal tertentu memerlukan tanda tangan dua pihak.
  6. Periksa pembatalan cek secara reguler. Salah satu metode penggelapan yang umum melibatkan pemalsuan cek. Metode lainnya adalah dengan memberikan cek pada penjual pribadi mereka.
  7. Jagalah cek yang digunakan dalam tempat yang terkunci. Pastikan semua cek, nota dan faktur pembelian diberi nomor secara berurutan dan diperiksa apabila ada yang hilang.
  8. Lakukanlah audit, baik secara reguler maupun acak. Pemilik harus mengambil alih pendekatan manajemen dengan secara fisik menyisihkan waktu dengan departemen pembukuan.
  9. Kenalilah dengan baik pemasok perusahaan Anda. Penggelap sering membuat pemasok palsu dan memberikan faktur pembelian palsu.
  10. Periksalah catatan penggajian secara teratur. Beberapa penggelap menerbitkan sendiri gaji ekstra dan bonus melalui sistem penggajian.
  11. Selidiki keluhan pelanggan dan penjual sesegera mungkin. Jika penjual tidak dibayar sesuai yang diharapkan, ini mungkin menjadi tanda adanya cek pembayaran yang dialihkan.
Mungkinkah strategi di atas dapat diterapkan di instansi pemerintahan di Indonesia agar negeri ini terbebas dari penyakit korupsi ?.......

0 Response to "Strategi mengatasi pembobolan uang perusahaan oleh karyawan"

Post a Comment