Madu Yaman

Cara menolak dengan halus

Seringkali kita harus bertemu dengan keadaan yang serba salah, contohnya ketika ada teman atau saudara yang ingin berhutang padahal kita tahu kalau konduite teman tersebut buruk. Giliran ditagih utangnya dengan seribu alasan akan meminta keringanan waktu pelunasan.

Nah, jika Anda dalam situasi seperti itu, ucapan penolakanlah yang tentu Anda pikirkan. berikut ini beberapa contoh kalimat yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk melakukan penolakan :

"Saya ikut prihatin dengan dengan keadaan Anda, namun sebenarnya keadaan saya pun tidak jauh berbeda dengan Anda, saya sangat berharap dapat membantu tapi untuk sementara ini maafkan saya karena belum dapat membantu dan saya yakin masih banyak teman yang lain yang dapat membantu".

“Kami telah membaca dengan teliti naskah Anda dengan senang sekali. Namun demikian kami takut bahwa jika kami menerbitkan naskah Anda yang terkenal ini, kami tidak mungkin lagi untuk menerbitkan naskah lain yang tidak mencapai mutu yang sama. Kami tidak dapat membayangkan bagaimana naskah-naskah lain akan mencapai mutu yang sama selama kurun waktu seratus tahun yang akan datang. Karena itu, dengan sangat menyesal, kami terpaksa mengembalikan karangan Anda yang luar biasa ini. Dan kami mohon kesediaan Anda untuk memaafkan kedangkalan pandangan dan ketidakberanian kami.”

Perlunya tata bahasa dan etika ketika berbicara adalah salah satu cara untuk membuat dunia lebih nyaman, indah dan damai, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara menolak dengan halus"

Post a Comment