Madu Yaman

Penyakit yang disebabkan karena tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi

Beberapa hal yang kita anggap sepele kadang dapat menyebabkan hal tak terduga yang berakibat fatal. Kali ini adalah perihal perawatan sekitar gigi dan mulut. Perawatan gigi dan mulut sangat penting karena apapun yang kita makan sebelum masuk kedalam lambung sudah pasti mampir terlebih dahulu kedalam rongga mulut yang terdapat gigi.

Health Me Up merincikan beberapa penyakit yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut, antara lain :
  • Penyakti periodontal.
    Penyakit periodontal adalah penyakit dari bawah gigi, yaitu gusi. Kondisi ini biasanya dimulai dengan gingivitis yang menyebabkan gusi bengkak, berdarah, dan merah. Jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa semakin parah dan merusak jaringan gusi dan tulang pendukung gigi.
  • Endokarditis.
    Endokarditis adalah peradangan dalam jantung. Peradangan terjadi karena bakteri yang muncul di dalam mulut. Bakteri kemudian terbawa aliran darah melalui penyakit gusi atau gusi berdarah.
  • Penyakit jantung.
    Penyakit jantung juga terkait dengan kesehatan gigi. Jika bakteri dalam mulut dibawa oleh aliran darah ke jantung, maka bakteri dapat menyebabkan berbagai penyakit jantung seperti arteri tersumbat dan stroke.
  • Penurunan memori.
    Kesehatan mulut dan gigi yang buruk tidak hanya mempengaruhi jantung, tetapi juga pada kesehatan otak. Kesehatan gigi yang buruk dapat membatasi dan memblokir arteri ke otak. Arteri yang dikendalikan oleh bakteri dapat menyebabkan demensia atau kehilangan memori).
  • Diabetes.
    Penyakti yang paling terkait dengan kesehatan gigi adalah diabetes. Dimulai dengan iritasi mulut yang dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk memproses gula darah. Orang yang menderita dibaetes cenderung memiliki masalah karena kurangnya insulin.
  • Kesulitan hamil.
    Penelitian terbaru di European Society of Human Reproduction and Embryology menunjukkan, wanita dengan kesehatan mulut yang buruk tidak bisa cepat hamil.

  • Masalah kehamilan.
    Wanita dengan penyakit gusi memiliki peningkatan risiko komplikasi kehamilan dua kali lebih besar daripada wanita yang tidak memiliki masalah mulut. Komplikasi termasuk kelahiran prematur dan lain-lain. Hal ini karena bahan kimia yang diperlukan untuk melahirkan berada dalam bakteri mulut. Peningkatan bakteri penyakit gusi dapat menyebabkan komplikasi kehamilan.
  • Kanker.
    Penelitian terbaru menunjukkan hubungan antara kesehatan mulut dengan beberapa jenis kanker. Termasuk kanker yang tumbuh di kepala, leher, kerongkongan, dan kanker paru-paru karena kebiasaan buruk ketika menyikat gigi, penyakit periodontal, dan kerusakan gigi.
  • Masalah paru-paru.
    Penyakit periodontal dapat menyebabkan penyakit pernapasan seperti pneumonia. Kemungkinan besar ini disebabkan oleh jumlah bakteri yang dibawa ke paru-paru.
  • Kegemukan.
    Penelitian juga menunjukkan hubungan antara obesitas dan masalah gusi. Tampaknya penyakit periodontitis dapat berkembang lebih cepat dan lebih parah jika didukung oleh adanya kelebihan lemak tubuh.
Setelah tahu, maka mulai sekarang jangan pernah meremehkan perawatan gigi dan mulut demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

0 Response to "Penyakit yang disebabkan karena tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi"

Post a Comment