Madu Yaman

Macam-macam coklat masak

Banyak sekali jenis coklat masak di toko-toko bahan pembuatan kue. Tapi jangan bingung dulu. Berikut ini dijelaskan beberapa jenis coklat dan contoh pemakaiannya :
 
1. Cokelat Polos
Cokelat ini biasa disebut plain chocolate. Kandungan cokelatnya 40%-50% dengan kandungan gula yang minim. Biasa digunakan untuk campuran cake, biskuit, adonan brownies. Dapat juga dipakai untuk campuran pudding, lapisan pada cake, atau untuk dibuat saus cokelat.

2. Cokelat Masak Pekat
Biasa disebut dengan dark chocolate. Kandungan lemaknya 70%-85%, rasanya agak pahit. Kadar gulanya juga lebih rendah dibandingkan cokelat tawar. Jenis ini paling sering digunakan untuk membuat truffles, permen, mousse, tart, saus, es krim dan sebagai topping untuk cake.

3. Cokelat Masak Susu
Milk chocolate memiliki kandungan cokelat 25%-35%. Dengan campuran susu, cokelat ini lebih lembut dan creamy. Cokelat ini lebih sulit untuk dilelehkan. Jika ingin mencairkannya, gunakan api kecil dan biarkan meleleh tanpa perlu diaduk.

4. Cokelat Masak Putih
White chocolate terbuat dari campuran susu, vanili, cocoa butter, dan gula. Digunakan untuk campuran cake, biskuit, es krim, mousse, dan cheesecake. Jika ingin mendapatkan rasa yang baik, pilih yang mengandung exstrak vanili, bukan hanya aromanya saja.

Semoga bermanfaat, salam sukses.

0 Response to "Macam-macam coklat masak"

Post a Comment