Madu Yaman

Fakta-fakta pada nomor PIN ATM & PUK Handphone

Di era teknologi yang serba digital, anda diberi banyak kemudahan diantaranya dalam hal keamanan keuangan dan privasi. Contoh untuk kemudahan pengunaan dan keamanan uang telah tersedia outlet ATM dimana-mana dan sudah barang tentu harus menggunakan PIN untuk melakukan transaksi begitu juga sebagai pengamanan privasi pada handphone telah dilengkapi fitur password agar tidak semua orang dapat dengan mudah membuka data-data pribadi Anda.
  
Terkait dengan PIN ATM dan PUK Handphone, satu kumpulan angka terpenting yang dimiliki setiap orang yang disebut nomor PIN telah digunakan untuk berbagai macam hal seperti dijelaskan diatas. PIN yang merupakan kumpulan angka penting dan akan melindungi uang Anda yang ada di rekening Bank, namun pada kenyataannya Anda akan dikejutkan dengan fakta bahwa banyak orang yang kurang paham akan keamanan PIN tersebut sehingga mereka memberitahukannya ke banyak orang ataupun membuat nomor yang sangat mudah ditebak oleh orang lain. Maka tidak jarang orang-orang seperti itu akan kehilangan uang atau barang berharga lainnya.
Sebagai contoh, nomor pada PIN yang paling banyak digunakan adalah 1234. Maka, setiap pencuri pasti akan mulai menjebol PIN dengan memasukan angka tersebut. Jika gagal maka nomor selanjutnya adalah 1111 dan 0000. Setelah itu barulah pencuri tersebut akan memasukan tahun kelahiran, tahun kelulusan, tahun pernikahan, atau angka apapun yang berkaitan dengan kehidupan Anda. Selain fakta mengenai nomor PIN yang banyak digunakan tersebut, masih banyak fakta-fakta menarik lainnya mengenai nomor ini. Apa sajakah faktanya? Simak ulasannya berikut ini.

Sejarah PIN
PIN, merupakan singkatan dari Personal Identification Number adalah sebuah password numerik rahasia yang dapat digunakan oleh si pemiliknya untuk mengakses sistem tertentu, seperti ATM, handphone, kartu SIM, dan lainnya. Nomor ini sendiri pertama kali muncul pada tahun 1967 dan dibuat oleh orang yang sama dengan yang membuat mesin ATM. Pada saat itu, ia berencana untuk membuat sebuah kode autentikasi yang terdiri dari 6 nomor, namun istrinya mengatakan jika kode yang terdiri dari 4 nomor lebih gampang untuk diingat. Sehingga diputuskanlah bahwa nomor PIN terdiri dari 4 nomor. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, banyak juga yang sekarang menggunakan PIN yang terdiri dari 6 nomor. Namun tetap tidak boleh ada PIN yang lebih dari 6 nomor karena akan sulit untuk diingat. Jika angka 0 sampai 9 dikombinasikan untuk membuat PIN 4 digit, maka akan diperoleh 10 ribu kombinasi PIN.

Fakta-Fakta Menarik
Dari 10 ribu kombinasi PIN yang dapat diperoleh, ternyata 26,83% dari PIN tersebut terdiri dari 20 nomor yang sama. Seperti yang telah disinggung di atas, nomor pada PIN yang paling banyak digunakan adalah 1234, kemudian disusul oleh 1111 dan 0000. Berikut adalah daftar 10 besar nomor yang paling banyak dipakai:
  1. 1234
  2. 1111
  3. 0000
  4. 1212
  5. 7777
  6. 1004
  7. 2000
  8. 4444
  9. 2222
  10. 6969
Jika kesepuluh kombinasi di atas merupakan nomor yang paling banyak dipakai, terdapat juga 5 buah PIN yang paling jarang digunakan oleh orang-orang. Kelima nomor itu adalah 7637, 6835, 9629, 8093, dan 8068. Namun ingat, sekarang Anda jangan mengganti PIN Anda ke nomor tersebut karena pasti para pencuri juga sudah memperhitungkan nomor tersebut. Selain dari daftar di atas, banyak juga orang yang menggunakan nomor 2580 terutama di ponsel mereka. Hal tersebut sangat wajar karena angka 2580 berada dalam posisi sejajar pada sebuah ponsel non-Qwerty. Tahun lahir, tahun pernikahan, atau tahun-tahun penting lainnya juga kerap dijadikan sebagai PIN karena banyak ditemukan PIN yang memiliki awalan 19XX yang mengindikasikan bahwa hal tersebut adalah tahun kelahiran.

Bagaimana Cara Menjaga Keamanan Nomor PIN?
Menjaga keamanan PIN merupakan hal yang sangat penting terutama jika nomor tersebut digunakan untuk kartu ATM Anda. Ada 4 langkah penting yang dapat Anda terapkan untuk menjaga keamanan PIN tersebut, yaitu:
  1. Jangan menggunakan PIN yang mudah untuk ditebak
  2. Jangan menulis PIN tersebut di manapun, termasuk di ponsel ataupun kertas kecil yang ada di dompet Anda
  3. Gunakan PIN yang berbeda untuk kartu atau layanan yang berbeda
  4. Jangan pernah menyebarkan PIN Anda ke orang lain. Pastikan tidak ada orang yang mengintip ketika Anda sedang menuliskannya di ponsel ataupun mesin ATM
Semoga bermanfaat. (sumber:detik)

0 Response to "Fakta-fakta pada nomor PIN ATM & PUK Handphone"

Post a Comment