Madu Yaman

Tips supaya sepeda motor tetap awet

Saat ini dengan kondisi perekonomian yang sedikit membaik persaingan usaha semakin ketat terutama dibidang otomotif, berbagai cara dilakukan produsen otomotif tak terkecuali dengan produsen sepeda motor. Dengan modal uang satu juta rupiah saja sepeda motor sudah bisa nagkring dirumah.
Sepeda motor pun mulai dimanfaatkan dengan baik dan mulailah untuk memikirkan cara perawatnnya mulai dari cara yang konvensional seperti servis bulanan dan ganti oli sudah lumrah kita lakukan agar kendaraan kita dalam kondisi prima. Namun ada hal yang lebih penting lagi kita lakukan agar sepeda motor kita menjadi awet. 

Kuncinya agar kendaraan kita lebih awet atau tetap dalam kondisi prima adalah dari cara kita mengendarainya. Banyak dari kita belajar mengendarai sepeda motor secara otodidak atau belajar sendiri tanpa dibekali teori untuk mengendarai dengan baik. Kebanyakan dari kita tidak tahu teknik mengendarai sepeda motor dengan baik, aman dan nyaman.

Berikut ini beberapa Tips supaya sepeda motor tetap awet dan tetap fit :

  1. Ketika hendak mulai memasukan perseneling turunkan gas, hal ini bertujuan agar rantai dan gir supaya jangan cepat rusak dan aus karena hentakan pada saat tarikan pertama.

  2. Ketika hendak mengerem segera turunkan gas. Jangan mengerem tapi gas masih dalam keadaan tinggi. Tujuannya untuk menghemat sepatu rem agar tidak cepat aus.

  3. Jangan menstater sepeda motor saat perseneling belum netral., ini bertujuan agar rantai dan gir tidak cepat aus karena hentakan.

  4. Jika berjalan di tanjakan segera turunkan perseneling harus diatur pada kisaran 2 atau 1 tergantung ketinggian tanjakan yang dilalui.

  5. Untuk sekutik atau skuter matic kesalahan yang fatal sering dilakukan adalah jika ingin memperlambat kendaraan hanya di rem tetapi gas tidak diturunkan.Hal inilah yang menyebabkan sepatu rem cepat aus.

  6. Langkah terakhir yang sangat penting agar sepeda motor kita awet dan tetap dalam performa yang prima adalah dengan memberinya minum Pertamax. Dimana kita sama mengetahui bahwa pertamax adalah BBM non subsidi dengan nilai oktan 92 sedangkan bensin nilai oktannya 88. Dengan menggunakan pertamax mesin semakin halus dan tenaga sepeda motor makin stabil.

Keuntungan menggunakan BBM pertamax adalah :

  1. Bebas timbal, timbal adalah zat kimia logam berat yang mengganggu kesehatan manusia. Sehingga jika kita menggunakan pertamax kita dapat meningkatkan kualitas kesehatan kita.

  2. Nilai Oktan atau Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi dari Premium yaitu 92.Karena memiliki oktan tinggi, maka Pertamax bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi, sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan pada piston. Hasilnya, tenaga mesin yang menggunakan Pertamax lebih maksimal, karena BBM digunakan secara optimal. Sedangkan pada mesin yang menggunakan Premium, BBM terbakar dan meledak, tidak sesuai dengan gerakan piston. Gejala inilah yang dikenal dengan ‘knocking’ atau mesin ‘ngelitik’.

  3. Mesin awet dan tetap prima karena menggunakan bahan bakar yang bersih dari residu atau kotoran.

  4. ·Biaya untuk perawatan mesin semakin hemat, karena mesin jarang rusak dan servis berkala mempunyai periode yang lebih panjang. Tidak harus melakukan servis tiap bulan karena mesin selalu bersih.
Jadi, sayangilah sepeda motor anda dengan cara perawatan yang telah dianjurkan.Salam sukses!

0 Response to "Tips supaya sepeda motor tetap awet"

Post a Comment