Madu Yaman

Tips cara merawat motor tua


Motor tua tapi ciamik dan sangat terawat adalah keinginan dari orang-orang pecinta barang antik. Di Indonesia sendiri sangat banyak klub-klub pecinta motor tua, diantara kegiatannya adalah touring dan bakti sosial, walaupun ada juga klub motor alias gank motor yang bikin onar, he...


Klub-klub penggila motor klasik di Indonesia yang terkenal beraliran Jap Style, Cafe Racer, dan Brat Style sudah cukup banyak. Hampir di setiap kota komunitas dari pecinta motor seperti itu ada. Merawat motor klasik terutama yang beraliran Jap Style, Cafe Racer dan Brat Style itu sama saja seperti merawat motor lainnya. Meski ada beberapa bagian yang harus mendapatkan perhatian khusus, tapi secara keseluruhan tetap sama seperti merawat motor lainnya. Tapi karena umurnya jauh lebih tua jadi ada beberapa bagian yang harus mendapat perhatian ekstra.

Untuk motor-motor bergenre Jap Style, Cafe Racer dan lain sebagainya kebanyakan di bore up, harus lebih ekstra mengganti oli dan memeriksa rantai keteng untuk menarik ban yang lebih besar dan suara knalpotnya biar lebih bulat, biasanya di oli masalahnya.

Ada baiknya jika menyukai motor dengan aliran modifikasi seperti ini tidak usah dibawa kebut-kebutan. Motor ini bukan untuk kebut-kebutan melainkan untuk fashion. Selain harus melakukan perawatan khusus di bagian oli dan rantai keteng, motor seperti ini juga harus mendapat perhatian ekstra dari segi cat. Ada beberapa motif atau pemilihan warna cat yang harus selalu dijaga. Bila menggunakan cat candy jangan sering dijemur dibawah terik matahari langsung. Kalau terus-terusan seperti itu bisa cepat pudar. Walaupun harga mahal tapi kalau sudah pakai cat candy terus sering ditaruh di tempat panas maka akan cepat pudar warnanya.

Jadi ada baiknya selalu memperhatikan tempat penyimpanannya. Usahakan jangan disimpan ditempat yang benar-benar panasnya langsung menyorot ke motor. Dan jika terkena air hujan usahakan dicuci atau disiram terlebih dulu dengan air biasa yang ada dirumah kemudian dilap sampai kering. Hal itu dilakukan agar warnanya tetap terawat dan menghindari dari timbulnya karat pada bagian-bagian tertentu.

Semoga bermanfaat, salam sukses.

0 Response to "Tips cara merawat motor tua"

Post a Comment