Madu Yaman

Tips cara menjalankan bisnis keluarga


Ada banyak perusahaan sukses dan besar yang dimulai dari bisnis kecil keluarga, karena bisnis keluarga memiliki banyak keuntungan diantaranya kepercayaan yang sudah ada karena ikatan kekeluargaan dan rasa memiliki perusahaan yang tinggi untuk menjaga kekuatan perusahaan itu sendiri. 

Tapi perlu diingat, walau banyak keuntungan yang didapat dengan mempekerjakan keluarga tetap saja ada kekurangannya. Nah, agar bisnis keluarga ini berjalan dengan lancar dan sukses maka perhatikanlah tips-tips berikut ini :

1. Tetap berusaha obyektif dalam penilaian
Biarpun ada sisi positif dari hubungan keluarga berupa kepercayaan, namun ada kalanya sulit secara obyektif memperlakukan rekan bisnis atau karyawan kita bila ada hubungan keluarga. Tetaplah berusaha seobyektif mungkin dalam melakukan penilaian.

2. Pisahkan uang keluarga dan uang perusahaan
Jangan pernah campur adukkan uang keluarga dan uang perusahaan. Buat pembukuan terpisah dan buat rekening yang terpisah.

3. Mulailah memikirkan bagaimana mewariskan bisnis secara adil
Jika saat ini bisnis anda sudah berjalan dan anda yakin bahwa bisnis anda akan berkembang maka suatu saat bisnis tersebut dapat anda wariskan pada keturunan anda. Nah, mulai sekarang buat perencanaan bagaimana anda bisa mewariskan bisnis tersebut secara adil.

4. Jangan pilih kasih
Bila saat ini anda memimpin bisnis keluarga, maka anda harus berusaha adil dalam memperlakukan anggota keluarga anda yang membantu bisnis anda. Adil bukan berarti harus sama rata pembagiannya, namun pembagian dari hasil bisnis dan delegasi lingkup pekerjaan harus disesuaikan dengan minat dan bakat dari masing-masing anggota keluarga seperti layaknya perusahaan yang diisi oleh para profesional tanpa hubungan keluarga.

Dengan memperhatikan tips diatas semoga bisnis keluarga anda semakin sukses!

0 Response to "Tips cara menjalankan bisnis keluarga "

Post a Comment