Madu Yaman

Tips cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros


Boros - dalam menggunakan uang biasanya banyak terjadi pada anda-anda yang masih berstatus single yang belum terlalu terbebani pada kebutuhan-kebutuhan pokok mendasar seperti biaya sekolah anak, biaya dapur dan lain-lain.
Mengatur keuangan memang merupakan kegiatan yang agak tricky. Terlihat dan terdengar mudah, tapi begitu dipraktikkan hasilnya tidak jauh berbeda. Namun begitu, bukan berarti anda bisa menyerah begitu saja.
Ada beberapa cara untuk mengatur keuangan pribadi agar tidak boros :
  1. Cobalah untuk membuat suatu anggaran dengan nilai nominal yang masuk akal dan sesuai kebutuhan. Maksudnya, cobalah untuk melihat selama bulan-bulan sebelumnya, misalnya kebutuhan belanja bulanan adalah sebesar Rp 500 ribu, maka di bulan-bulan selanjutnya jangan sampai melebihi angka tersebut. 
  2. Kombinasikan anggaran pegeluaran dan cobalah untuk mulai mencatat pengeluaran sehari-hari dari yang paling kecil hingga yang paling besar.
  3. Jika anda menggunakan handphone yang bisa terhubung ke internet, maka pencatatannya bisa lebih mudah lagi, anda tidak perlu lagi membawa buku catatan. Manfaatkan layanan pencatatan keuangan gratis. Dari pencatatan ini, anda akan tahu pengeluaran mana yang nilainya ternyata terlalu besar dan masih bisa dikurangi.
  4. Cobalah untuk mulai menetapkan target keuangan yang ingin dicapai di masa depan, misalnya anda ingin membeli rumah atau mobil. Dengan adanya target seperti ini, mindset otak bawah sadar anda akan mengatur pengeluaran sehingga menjadi teratur dan terkendali.
Somoga  beberapa tips dan solusi ini bermanfaat, Salam sukses.

0 Response to "Tips cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros"

Post a Comment