Madu Yaman

Tips supaya kue bolu tidak bantat

Tiap kali membuat kue terutama jenis bolu selalu saja kita dihadapkan dengan permasalahan bolu/keu yang dibuat bantat atau tidak mengembang. Ada apa gerangan? padahal pengembang kuepun sudah ditambahkan tapi tetap saja si kue bantat.

Beberapa Tips dibawah ini dapat dicoba supaya kue/bolu yang anda buat tidak bantat :
  1. Pastikan peralatan masak yang digunakan benar-benar kering dan tidak berminyak karena apabila adonan telur tercampur dengan minyak, adonan akan sulit naik dan akhirnya menjadi bantet.
  2. Siapkan semua bahan dalam keadaan segar dan berada pada suhu ruangan sehingga adonan dapat mengembang sempurna.
  3. Pastikan adonan terkocok hingga menjadi putih dan kental. Untuk memastikan kekentalannya, gunakan spatula karet untuk mengambil sedikit adonan. Pastikan adonan menempel pada spatula dan tidak mudah jatuh.
  4. Setelah adonan kental sempurna, ayak tepung di atas adonan dan campurkan ke dalam adonan secara perlahan-lahan. Usahakan arah adukan searah atau pastikan Anda mengaduk hingga menyentuh dasar tempat adonan agar tepung menyatu dengan sempurna.
  5. Jika ingin mencampurkan mentega cair, jangan lakukan ketika mentega masih panas. Diamkan dulu beberapa menit hingga mencapai suhu ruangan, lalu campurkan ke dalam adonan perlahan dan aduk dengan rata. Mentega yang tidak tercampur dengan rata bisa membentuk lapisan di bawah kue sehingga kue bisa menjadi bantet.
  6. Khusus untuk butter cake, terkadang putih telur harus dikocok terpisah. Oleh karena itu, ketika dicampur, pastikan putih telur tercampur dengan rata dan jangan sampai menggumpal karena akan menyebabkan kue berongga besar dan akhirnya menjadi bantet.
  7. Untuk mendapatkan tekstur kue yang lembut, kocok adonan telur dengan kecepatan sedang dan gunakan telur yang segar dengan suhu ruangan (jangan gunakan telur yang baru dikeluarkan dari kulkas).
  8. Pastikan oven sudah cukup panas sebelum adonan dimasukkan karena oven yang dingin atau kurang panas akan menyebabkan kue turun sebelum sempat mengembang.
  9. Jangan buka oven hingga paling tidak ¾ waktu pemanggangan sehingga waktu pengembangan kue tidak terganggu. 
Kalau saja anda memperhatikan tips-tips diatas dengan benar, mudah-mudahan kasus kue/bolu bantat tidak terulang kembali, selamat mencoba.

0 Response to "Tips supaya kue bolu tidak bantat"

Post a Comment