Madu Yaman

Bagaimana cara mengatasi keringat berlebih

Apa yang penyebab keringat berlebih ?

Keringat berlebih? untuk mengatasinya tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa dan mengapa itu terjadi. Keringat sebenarnya adalah cairan tubuh yang berupa campuran air, garam, dan mineral lainnya menguap dari kulit kita dan itu berfungsi untuk mempertahankan suhu inti tubuh kita.  

Jenis keringat ada 2 macam :

  1. Ekrin yaitu cairan tipis yang membaluri seluruh tubuh ketika udara luar terasa panas atau ketika kita sedang berolahraga.
  2. Apokrin yaitu sekresi tebal ditemukan terutama pada ketiak. Menurut dokter kulit Dee Anna Glaser, MD, presiden International Hyperhidrosis Society, Apokrin sangat erat hubungannya dengan bau badan dan biasanya juga berhubungan dengan tingkat stres.
Sekalipun sedang melakukan program diet, faktor kesehatan dan emosi juga berperan dalam memproduksi keringat berlebih. Faktor emosional yang dipicu oleh stres dapat merangsang otak untuk memerintahkan kelenjar keringat bekerja dengan cepat. Pun begitu berapa banyak kita berkeringat ditentukan pula oleh faktor genetika dan bagian manakah dari tubuh kita yang lebih banyak mengeluarkan keringat. 
Tempat keluarnya keringat yang paling banyak secara umum adalah pada ketiak, telapak tangan, telapak kaki, dan dahi karena pada bagian itu memiliki kepadatan kelenjar keringat tertinggi. Penting untuk diketahui bahwa daerah ketiak adalah rumah bagi bakteri yang mencerna keringat dan menghasilkan bau badan. 
Berkeringat juga merupakan cara tubuh kita menyesuaikan diri terhadap lingkungan. James Winger, MD, seorang dokter pengobatan olahraga di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine mengatakan "Orang-orang yang berada dilingkungan yang cukup panas akan berkeringat dengan lebih efisien, seperti halnya atlet yang tubuhnya telah dilatih untuk mengatasi panas dengan cepat. Jika kita melakukan olahraga secara rutin dan selalu berkeringat, maka tubuh kita akan menyesuaikan diri dalam dua sampai tiga minggu untuk belajar untuk memaksimalkan pelepasan panas tubuh.

Bagaimana agar tubuh tetap kering dari keringat ? 

  1. Pilih produk yang tepat : Antiperspirant. Deodoran akan mengekang bau dan tidak lembab. Combo antiperspirant-deodorant dapat mengatasi keduanya. Beberapa orang memilih menggunakan deodoran karena kulit mereka yang sensitif bereaksi buruk terhadap antiperspirant. Selain itu juga disebabkan rumor bahwa antiperspirant banyak yang menggunakan senyawa aluminium sebagai bahan aktifnya yang dihungkan pula dengan pemicu kanker atau penyakit Alzheimer. Akan tetapi setelah dilakukan studi klinis belum ada bukti yang menunjukkan hubungan antara keduanya. Apakah Anda menggunakan deodorant yang berbentuk padat, gel ataupun roll-on itu tidak masalah.  
  2. Ketahui waktu/kapan anda menggunakan produk : disarankan untuk memakai antiperspirant sebelum tidur di malam hari dan kemudian mengoleskannya lagi di pagi hari untuk mendapatkan hasil terbaik . "Supaya antiperspirant Anda bekerja dengan baik, antiperspirant harus masuk ke dalam kelenjar keringat dan memblokir pengeluaran keringat," jelas David Bank, MD, dermatolog di Mount Kisco, New York. "Pada malam hari Anda akan merasa tenang, dan kulit Anda dapat benar-benar kering karena persentase keringat yang diserap akan lebih banyak". Kita dapat mengoleskan antiperspirant pada permukaan tubuh mana saja yang keringat, akan tetapi penting untuk mengetahui daerah tubuh mana yang sensitif dan kemungkinan terjadi iritasi.  
  3. Pada bagian di bawah payudara, Anda dapat membalurkan baking soda saat kulit Anda bersih dan kering. "Baking soda merupakan antibakteri dan anti-inflamasi. Selain mengeringkan dan mengurangi kelembaban juga dapat mencegah iritasi" kata Dr Bank. 
  4. Untuk menyerap keringat pada kulit kepala, gunakan sampo kering dan untuk menjaga kaki tetap kering coba gunakan kaus kaki yang terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat dan bubuk/bedak penyerap yang dirancang untuk daerah itu. 
  5. Apabila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menghilangkan keringat berlebih maka Anda dapat menyemprotkan air ke bagian kaki Anda, itu dapat dengan cepat mendinginkan suhu inti tubuh dan memperlambat kecepatan apabila Anda sedang dalam kondisi berolahraga. 
  6. Jika keringat Anda benar-benar banyak, dokter sering merekomendasikan laser hair removal untuk ketiak Anda. Untuk orang dengan hiperhidrosis, atau berkeringat berlebihan, dermatologists menawarkan solusi yang lebih ampuh dengan memberikan resep antiperspirant seperti Drysol, yang mengandung 25 persen aluminium klorida yang juga efektif pada telapak tangan dan kaki, atau suntikan Botox atau Dysport, yang sementara menonaktifkan kelenjar keringat Anda juga untuk daerah yang lebih kecil, seperti ketiak atau tangan. Suntikan tersebut dapat bertahan hingga enam bulan sampai satu tahun.
Semoga bermanfaat, salam sukses.

0 Response to "Bagaimana cara mengatasi keringat berlebih"

Post a Comment