Cara mengatasi kesemutan pada kaki dan tangan

Kesemutan sering terjadi tidak hanya ditangan dikakipun acapkali terjadi. Penyebabnya adalah aliran darah yang tidak lancar atau saraf yang lemah dan sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter ahli penyakit dalam atau saraf. 

Penyebab kesemutan antara lain :
  1. Posisi duduk atau berdiri untuk waktu yang lama.
  2. Kurangnya aliran darah ke daerah tertentu, sebagai contoh penumpukan plak dari aterosklerosis di kaki dapat menyebabkan nyeri, mati rasa, dan kesemutan sambil berjalan.
  3. Tekanan pada saraf tulang belakang.
  4. Kondisi medis tertentu, termasuk diabetes, tiroid kurang aktif, mutiple sclerosis, kejang, migrain atau sakit kepala biasa.
  5. Tingkat abnormal kalsium, kalium, atau natrium dalam tubuh.
  6. Kekurangan vitamin B12.
Sebaiknya Anda dapat memperhatikan penyebab-penyebab tangan sering kesemutan di atas agar dapat mencegah penyakit yang lebih serius lagi akibat kesemutan.

Untuk mengatasi tangan yang sering kesemutan adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin-vitamin neorotropik. Konsumsilah vitamin B1, B6 dan B12. Vitamin-vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan jaringan saraf.

Vitamin B1 misalnya, penting untuk metabolisme karbohidrat, serta penyediaan energi untuk saraf. Sedangkan vitamin B6 untuk metabolisme protein dan memelihara fungsi normal saraf. Lalu vitamin B12 penting untuk sintesa asam nukleat dan menjaga integritas jaringan saraf. Untuk mengatasi nyeri, kombinasikanlah dengan analgesik yang berfungsi sebagai anti radang.

Semoga tidak kesemutan lagi.

0 komentar:

Post a Comment