Madu Yaman

Tips supaya wiper mobil tetap awet

Memasuki musim hujan, ada baiknya anda mengecek atau memeriksa kondisi  wiper mobil kesayangan anda. Pasalnya wiper yang berfungsi dengan baik sangat membantu saat berkendara di kala hujan turun lebat.
 
Wiper atau alat penyapu air hujan pada kaca mobil berfungsi membantu pengendara mobil ketika sedang berkendara  dalam kondisi hujan. Wiper yang tidak terawat dengan baik akan mengganggu konsentrasi pengemudi.

Air hujan yang menguyur kaca mobil akan mempengaruhi jarak padang pengemudi. Kecelakaan sering kali terjadi di musim hujan salah satunya disebabkan akibat pengemudi malas memeriksa wiper.

Merawat wiper bisa dilakukan sendiri tanpa harus datang ke bengkel resmi. Memeriksa wiper mobil hanya dibutuhkan waktu 5 menit. Ini bisa dilakukan kapan  dan dimana saja.

Berikut tips memeriksa dan merawat wiper :

  1. Periksalah karet wiper dengan teliti, bila karet telah getas atau retak sebaiknya  diganti.
  2. Merawat karet wiper agar tidak cepat getas, jangan pernah membersihkan dan mengelap pinggiran karet. Karena pada pinggiran karet terdapat lapisan kimia (Graphite) yang berfungsi untuk menjaga elastis karet. Cukup mengelap ujung karet wiper dengan  lap chamois (kanebo) basah.
  3. Pasanglah stand untuk menyanggah saat wiper tidak digunakan, sehingga karet tidak menempel dengan kaca mobil. Kotoran maupun debu tidak menempel pada ujung karet. Jadi anda tidak perlu mengangkat wiper saat mobil parkir bahkan saat sedang mengemudi. Stand wiper sudah banyak tersedia di toko-toko asesoris mobil terdekat.
  4. Periksa poros engkol wiper. Semprotkan cairan 4wd untuk melancarkan pergerakan naik turun wiper saat digunakan.
  5. Untuk air wiper jangan menggunakan produk after market yang banyak dijual. Pasalnya terdapat kandungan asam yang akan mengendap dalam tangki air wiper, hal ini dapat menyumbat kelancaran penyemprotan air wiper. Gunakanlah air yang dicampur shampo. Selain murah, sampo mudah didapatkan.
  6. Perhatikan juga arah semprotan air wiper. Pastikan arah semprotan air jatuh  pada bagian yang tersapu wiper. Jika semprotan macet, gunakan jarum pentul atau peniti untuk melancarkan dan menyetel arah semprotan air.
 Semoga tips ini dapat membantu merawat wiper mobil Anda agar tahan lebih lama.

0 Response to "Tips supaya wiper mobil tetap awet"

Post a Comment