Madu Yaman

3 jenis cat mobil yang biasa digunakan

Sebenarnya ada banyak sekali jenis cat yang dapat dipakai untuk mewanai mobil Anda. Dari masing-masing jenis cat pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pilihannya tentu tergantung pada Anda, ingin jenis cat seperti apa yang akan digunakan.
 
Beberapa jenis ada yang mudah untuk diterapkan sementara yang lain mungkin akan lebih sulit. Namun beberapa cat mungkin berbahaya bagi kesehatan dan membutuhkan peralatan khusus pada penggunaanya. Untuk itu Anda harus mecermati dan mengetahui lebih dalam keuntungan dan kekurangan dari masing-masing jenis cat.

Berikut ini beberapa jenis cat yang disertai  keuntungan dan keurangannya :

1. Jenis cat Urethane 

Kelebihan : Cat Urethane merupakan pilihan yang baik karena dapat disemprotkan bahkan dapat disemprotkan dengan menggunakan lacquer. Harga cat uretan juga tidak terlalu mahal dan cepat kering. Jenis cat ini sangat tahan lama dan tidak mudah luntur atau buram.

Kekurangan : Walau pun harga c
at Urethane lebih murah namun cat uretan yang digunakan (dikerjakan) dalam jangka waktu yang lama mempunyai efek samping yang kurang baik bagi kesehatan pekerjanya. Sebaiknya Anda menggunakan alat pelindung tubuh (hidung, mata, mulut dan kulit) karena jenis cat ini beracun. Ketika menangani cat uretan Anda akan perlu memakai pakaian pelindung, respirator dengan pompa udara dan kacamata. 
 
2. Jenis Cat Metalik 

Kelebihan : Cat metalik menawarkan efek cat yang sangat elegan dan membuat mobil Anda tampak lebih sporty dan gagah. Cat metalik menjadikan mobil Anda sangat eye catching. Kadang dengan menggunakan cat metalik bisa juga meningkatkan nilai jual kembali mobil Anda. Cat metalik adalah jenis cat premium dan dapat menyembunyikan goresan karena sangat reflektif.

Kekurangan : Selain cat ini dapat menyembunyikan goresan ternyata bila terjadi kerusakan cat juga dapat membuat kerusakan sulit untuk memperbaiki. Cat ini sulit untuk dicocokkan jika Anda memerlukan perbaikan yang berupa bintik. Kekurangan lainnya adalah tidak memiliki banyak pilihan warna, jadi bila Anda mencari warna tertentu Anda mungkin saja menemui kesulitan. Cat jenis ini harganya juga sangat mahal bila dibandingkan dengan jenis cat mobil lainnya.

3. Jenis Cat Acrylic : 

Kelebihan : Penggunaannya sangat mudah dan akan menghasilkan efek mengkilap yang sangat bagus. Secara khusus cat akrilik enamel akan menghasilkan cat yang keras menutupi plat body mobil ketika sudah mengering.

Kekurangan : Selain Cat Acrylic enamel merupakan jenis cat mobil yang keras melindungi body, cat ini juga memerlukan finishing dengan pernis akrilik juga cat ini lebih cepat pudar bila sering terpapar sinar UV atau bahan kimia lainnya. Kesulitan lainnya adalah kesulitan penggunaan untuk pengecatan sendiri karena Anda akan memerlukan banyak pekerjaan finishing. Jika Anda menggunakan cat akrilik uretan dan telah dicampur dengan pengeras maka Anda  harus segera menggunakannya karena akan cepat mengering.

Semoga bermanfaat.

2 Responses to "3 jenis cat mobil yang biasa digunakan"

  1. Cat mobi yg paling baik untuk finishing saat ini adalah dr jenis polyurethane/cat oven. Cat ini kilapnya tinggi, keras tahan thd goresan

    ReplyDelete
  2. Metalik,untuk 1 mobil. Kisaran brpa ya mas?total smua. Misalnya sedan..thx

    ReplyDelete