Tips cara menghilangkan bau karat besi pada air sumur

Pada beberapa daerah tertentu, ada air sumur yang lebih banyak mengadung zat besi sehingga menimbulkan bau dan rasa yang tidak enak.

Air yang semestinya menjadi sumber kesehatan justru menjadi biang penyakit akibat zat besi yang terkandung didalamnya. Kadar zat besi yang tinggi dalam air yang didapat dari sumber-sumber permukaan seperti air sumurair tanah dan sebagainya  justru melahirkan berbagai macam jenis penyakit yang dapat diderita oleh masyarakat. Berbagai penyakit yang ditimbulkan salah satunya penyakit kulit. Bahkan air dengan kadar zat tinggi dapat merusak pakaian bila digunakan untuk mencuci.

Ada beberapa tips dalam mengenali air yang terkandung didalamnya zat-zat membahayakan bagi kesehatan baik kesehatan tubuh maupun dalam penggunaan kehidupan sehari-hari,  khususnya air dengan kadar zat besi tinggi. berikut tipsnya:
cara mengenal air berkadar besi tinggi ini dengan cara :
  1. VISUAL  : Air yang bersumber dari permukaan tanah baik seperti air sumur maupun yang lainnya memiliki kadar besi tinggi dengan ditandai warna kekuning-kuningan.

  2. AROMA  : Bau besi yang amat tinggi menunjukan bahwa kadar zat besi dalam air sangat tinggi.

  3. BENTUK : Bentuk ataupun khas dari air berkadar zat besi tinggi cenderung berminyak.
Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan untuk melakukan penanganan masalah air yang berkadar besi tinggi. Hal ini menuntut untuk dilakukannya filter air bersih untuk menghilangkan kadar besi yang terkandung didalam air. Ada beberapa solusi dalam penanganan masalah air bau besi ini diantaranya:
  1. Pasang Housing kaporit + kaporit tablet sebelum masuk torrent

  2. Buka penutup torrent, pasang kawa kassa

  3. pasang filter air dengan media yang direkomendasikan(Ferrolite Tohkeny, Greend Sand plus, Birm)

  4. Pasang Aerasi/Aerator.
langkah 1 sampai 4 bertujuan untuk memisahkan zat besi dari kandungan air , kemudian zat besi yang terpisah dari “badan air” ini akan tertahan didalam tabung filter. Dan selanjutnya di keluarkan secara berkala melalui aktivitas back wash.

Semoga bermanfaat, Selamat mencoba!

1 komentar:

dr. Doddy Faisal Mahdi Pane said...

Karatnya bakal ngendap di bawah atau gimana gan.
Jangan lupa mampir di mari gan
Www.klinikdinda.blogspot.com

Post a Comment