Madu Yaman

Tips mengatasi suara mesin tetap berisik setelah ganti oli


Seharusnya setelah mengganti oli,suara mesin menjadi lebih halus. Tapi juga banyak kejadian yang sebaliknya, suara mesin menjadi kasar timbul terutama dari mesin bagian bawah.Setelah diteliti lebih jauh sebenarnya suara itu berasal dari batang penekan rantai keteng yang mirip suara besi beradu dengan besi. Ini disebabkan oli di ruang batang penekan rantai keteng habis atau berkurang. Saat mesin dihidupkan, batang penekan rantai keteng bersinggungan langsung dengan pegas penekan.

Kemungkinan besar hal ini terjadi karena saat menguras oli mesin menggunakan udara bertekanan, jadi mengeluarkan oli dengan paksaan angin kompresor adalah tidak baik. Membuat oli yang ada di ruang mesin keluar semua. “Bisa juga karena kesalahan saat melepas baut penguras oli. Keliru melepas baut yang menahan pegas rantai keteng karena posisinya yang bersebelahan.

Mengatasi masalah ini, solusi yang ditawarkan dengan cara memasukkan kembali oli ke dalam batang penekan. 
Caranya adalah dengan terlebih dulu membuka baut cincin washer, selanjutnya siapkan oli 1-2 cc untuk dimasukkan ke dalam ruang tersebut. Hidupkan mesin, jika suara kasar belum hilang, buka baut cincin washer saat mesin hidup, selanjutnya tutup kembali. Ini guna mengeluarkan angin dari dalam batang penekan.

Ulangi beberapa kali langkah tadi sampai suara kembali normal…

0 Response to "Tips mengatasi suara mesin tetap berisik setelah ganti oli"

Post a Comment