Cara mengatasi suara ngelitik pada Supra X125

Penting untuk mencermati asap putih yang keluar dari knalpot motor anda yang biasanya juga diikuti dengan suara ngelitik pada blok mesin. Apabila penyakit yang ada sudah pada stadium lanjut, maka oli mesin akan sangat berkurang bahkan habis dan piston pun bisa macet. Kejadian seperti ini  menandakan bila piston atau seher sudah harus diganti. Contohnya pada motor Honda Supra X125. Honda bebek 125cc tersebut menggunakan piston 52,4mm dan jarak atau clereance antara piston dan liner bermain di 0,050mm. 

Jika clereance sudah melebihi batas sebaiknya segera melakukan penggantian piston dengan diameter yang lebih besar satu tingkatan yang biasa disebut dengan over size. Untuk melakukan over size ini tentu tidak boleh sembarangan sebab bisa saja terjadi suara ngelitik pada blok mesin yang seharusnya tidak terjadi. Untuk penggantian piston yang pertama kali, gunakan piston over size 25. 

Setelah dipasang, lalu hidupkan mesin motor anda. Bila timbul suara ngelitik pada mesin yang suaranya pun beragam, baik berupa suara seher yang mentok head sampai suara klep yang kendor. Silahkan periksa seher apakah lebih seret? Apabila ya, dan timbul baret pada linner yang berbentuk melingkar, disarankan kepada anda untuk membawa seher dan blok silinder ke tukang bubut terdekat. Ingat, pada saat pembubutan perhatikan diameter blok silinder agar dibuat ngeplos sampai seher jatuh dari lubang silinder. Biasanya ini terjadi dikarenkankualitas seher yang kurang baik apalagi bila anda memakai seher yang bukan aslinya.

0 komentar:

Post a Comment